5 Cara Liburan Bebas Stres

Karena terlalu padat, atau terlalu sibuk, seringnya liburan malah membuat Anda makin stres. Tenang, berikut 5 cara liburan agar bisa bebas stres dan membuat Anda kembali pulang dengan jiwa yang lebih tenang dan menyenangkan.

Banyaknya destinasi yang ingin didatangi, banyaknya orang yang harus diatur atau terlalu sibuk dengan ponsel bisa membuat liburan Anda malah penuh dengan tekanan. Berikut ini 5 cara liburan bebas stres. Dijamin tenang!

1. Jangan terlalu sering memegang ponsel
Bebaskan diri Anda dari kegiatan yang biasa Anda lakukan setiap hari. Saat liburan, bukan waktunya Anda mengecek email atau aneka pekerjaan yang harusnya dilakukan di kantor.

Juga, bebaskan diri dari jeratan media sosial yang membuat Anda melewatkan banyak momen menyenangkan selama liburan. Memang, rasanya senang bisa mendapat perhatian atau sekadar ucapan iri dari teman yang tidak bisa liburan. Namun, ini akan membuat Anda terlalu sibuk dengan ponsel dan melewatkan liburan yang sesungguhnya.

2. Sisakan waktu untuk mengecek keadaan
Setelah puas liburan seharian, sisakan waktu untuk memberi kabar ke teman dan keluarga. Tak ada yang menyalahkan Anda jika ingin menengok pekerjaan barang sebentar. Melihat pekerjaan bukan berarti Anda harus melakukan kerjaan tersebut saat ini juga.

Menengok apa yang sedang terjadi di kantor bisa membuat Anda menyiapkan diri saat kembali ke rumah. Dengan mengetahui apa saja yang sedang terjadi, Anda takkan kaget dan stres jika nanti saat masuk kantor ternyata banyak hal yang harus dikerjakan.

3. Siapkan waktu sendiri
Mau liburan dengan teman atau keluarga, waktu untuk sendiri itu penting. Bukan berarti Anda akan dicap egois atau tertutup, waktu untuk sendiri penting untuk menenangkan diri dan mendapatkan momen liburan yang sesungguhnya.

Sederhana saja. Anda bisa berjalan-jalan di pantai seorang diri sambil mendengarkan lagu. Atau, duduk di kafe dengan membaca buku favorit seorang diri. Anda masih bisa bersama teman atau keluarga setelahnya dan menjadi orang yang lebih tenang dan menyenangkan.

4. Coba road trip
Traveling merupakan perjalanan itu sendiri. Daripada selalu stres melewati aneka pengecekan di bandara, atau mendapatkan delay, kenapa tidak coba road trip. Namun pastikan destinasi tujuan tidak terlalu jauh seperti ke luar negeri dan juga Anda memiliki waktu yang cukup untuk melakukan jenis perjalanan ini.

Menyetir ke tempat tujuan memungkinkan Anda mendapatkan pengalaman baru. Melayangkan pikiran selama perjalanan, melewati tempat-tempat yang mungkin tak pernah Anda perhatikan sebelumnya, dan bertemu dengan orang baru dengan cara yang berbeda.

5. Siapkan diri sebelum kembali pulang

Kebanyakan tujuan dari liburan adalah melupakan sejenak kehidupan sehari-hari. Tapi, melupakan sepenuhnya malah bisa jadi bomerang untuk Anda. Siapkan diri Anda bahwa Anda akan pulang ke rumah dan akan mendapat tanggung jawab sehari-hari.

Terlebih jika pulang liburan, pekerjaan akan lebih menumpuk. Jangan langsung stres dan malah tidak melakukan apa-apa. Memastikan Anda siap dan pelan-pelan menyelesaikan segalanya adalah kunci dari masalah yang menumpuk.

Sumber

Tags: , ,

No comments yet.

Tinggalkan Balasan