5 Trik Interior Agar Kafe Ramai Pengunjung

Belakangan ini bisnis kafe sedang diminati beberapa kalangan yang mencoba mengadu nasib dengan berwirausaha. Hal ini mungkin membuat pebisnis baru di bidang ini merasa gentar dan khawatir kalah bersaing. Kekhawatiran ini sebenarnya bisa diatasi dengan membuat konsep yang matang tentang kafe kita. Ingatlah bahwa selain menu khas, pengunjung juga mencari suasana yang tidak ditemukan di tempat lain. Tujuan ini bisa dicapai dengan penataan ruang yang akan menjadi ciri tempat usaha. homify telah menyusun sejumlah trik yang bisa diterapkan agar pengunjung tidak bosan mendatangi kafe Anda.

1. Merancang tema

Nyaman atau tidak nyamannya suasana sebuah kafe tergantung pada tema yang kita gunakan. Kali ini homify akan menampilkan contoh desain kafe Aditi Coffee House & Space hasil karya desainer interior Lukie Widya asal Bandung. Lihat, tata ruang kafe ini diilhami oleh kedai teh Jepang. Panel kayu vertikal, taman kering dengan hamparan batu, dan dua pohon kering adalah beberapa elemen eksterior Jepang yang bisa kita lihat di fasad kafe ini.

2. Area masuk yang lebar dan mengundang

Area masuk kafe sebaiknya dibuat lebar agar pengunjung tahu apakah kafe sedang buka atau tutup. Area ini sebaiknya juga didekorasi sesuai tema kafe. Hiasan tidak perlu berlebihan, sederhana pun bisa agar orang-orang yang lewat jadi penasaran dan ingin masuk ke dalam.

3. Pintu kaca dan dinding kaca

Pasang pintu kaca dan atau dinding kaca di bagian depan kafe Anda, sehingga suasana di dalam kafe akan terlihat jelas dari luar. Calon pengunjung jadi punya sedikit gambaran sebelum benar-benar duduk dan memesan kopi di kafe Anda. Pasang lampu dengan efek dramatis agar kafe juga tampil memukau dan mengundang di malam hari.

4. Hindari hiasan dinding berlebihan

Hiasan dinding memang akan membuat kafe tampil lebih menarik. Tapi jika berlebihan malah akan mengakibatkan kafe terkesan sesak dan kurang berkelas. Apalagi bila kafe Anda berdimensi kecil. Hiasan dinding yang terlalu ramai akan membuat kafe tampak sempit. Daftar menu yang ditulis dengan kapur di papan tulis bisa jadi opsi hiasan dinding yang fungsional.

5. Area luar ruangan

Jika memungkinkan, sediakan area outdoor di kafe Anda. Lengkapi dengan tempat duduk yang nyaman dan tanaman hijau. Bila area outdoor yang tersedia tidak luas, sediakan tempat duduk yang bisa menghemat pemakaian ruang. Aditi Coffee House & Space menggunakan bangku kayu panjang berbentuk L tanpa kaki yang menempel ke dinding. Selain membuat area outdoor terlihat lebih luas, ini juga bisa mempererat jalinan komunikasi dan keakraban antar pengunjung.

Sumber

No comments yet.

Tinggalkan Balasan