Rata-rata orang menyimpan coklat di dalam lemari es. Suhu rendahini membuat coklat tidak cepat meleleh.Namun, menurut ahli panganan manis, cara itu dipandang sebagai kesalahan besar. Ahli coklat, Luke Owen Smith mengatakan makanan manisseharusnya tidak pernah disimpan di lemari es meskipun saat cuaca hangat.

Luke, yang memiliki toko daring bernama Chocolate Bar, mengatakan temperatur lebih rendah mengacaukan selera. Mendinginkan coklat di lemari es akan membuat coklat tidak melepaskan rasa.

“Suhu yang sangat dingin bisa mengacaukan suhu sebanyak mungkin seperti suhu panas,” ujar Smith, seperti yang dikutip dari News.com.au, Ahad (28/1).


© Reuters
Coklat. Ilustrasi

Sebagai gantinya, coklat harus disimpan dalam lemari gelap dan sejuk. Sebaiknya disimpan dengan suhu 10 sampai 20 derajat celcius. Suhu 15 derajat celcius merupakan suhu yang sempurna.

Jika suhu dalam rumah mencapai 28 derajat, coklat sebaiknya diletakkan di lemari es. Karena mentega kakao dapat menyerap rasa dan bau, Smith merekomendasikan menyimpan coklat dalam wadah kedap udara sebelum pendinginan untuk melindungi rasanya.

Kemudian alasan lain agar coklat tidak disimpan di dalam lemari es adalah gula dalam coklat akan mekar. Hal tersebut terjadi saat dingin dan kemudian udara yang lebih hangat dan menyebabkan kondensasi pada permukaan yang melarutkan beberapa gula. Ini akan mengkristal ulang meninggalkan lapisan permukaan putih bertekstur kasar pada coklat.

Sumber : Republika.co.id