Cara Mudah Memerikasa Resiko Penyakit Jantung

Serangan Jantung

Serangan Jantung

Penyebab kematian nomor 1 di dunia adalah serangan jantung tetapi masih banyak orang yang kurang tau bagaimana cara mencegah sakit jantung. Penyakit jantung dapat disebebkan oleh berbagai macam dan penyakit jantung tidak terditeksi sampai memunculkan gejala.

Cara untuk mengetahui penyebab penyakit jantung biasanya diperlukan pemeriksaan darah untuk mengetahui kadar kolesterol, gula darah, lemak darah, tekanan darah, dan indeks massa tubuh. Pemeriksaan penyakit jantung tersebut biasanya dilakukan oleh dokter tetapi ada cara sederhana untuk mengetahui resiko penyakit jantung.Untuk memerisak kondisi jantung dapat dilakukan dengan cara memeriksa denyut jantung di pagi hari karena saat itu jantung habis selesai istirahat. Denyut nadi jantung dapat diukur dengan tanggan, caranya:

  1. Letakkan jempol atau telunjuk dipergelangan tangan tepat dibawah jempol. Raba sampai ada bagian berdenyut-denyut.
  2. Denyut jantung normal 60-100 denyut jantung per menit. Denyut jantung yang melebihi 100 denyut jantung menandakan adanya gangguan irama jantung yang terlalu cepat atau disebut tachycardia. Gejala ini menjadi tanda terdapatnya penyakit jantung serius.
  3. Jika telah mengetahui terdapat gejala penyakit jantung lakukan pengendalian faktor-faktor resiko pemicu penyakti jantung yaitu hipertensi atau tekanan darah tinggi, diabetes dan kolesterol.
  4. Kakukan perubahan gaya hidup untuk mengurangi resiko penyakit jantung.

 

Tags: , , , , ,

No comments yet.

Tinggalkan Balasan