Ikan Dingkis di Saat Perayaan Imlek Agar Hoki

Adahal yang menarik saat memasuki tahun baru cina yang kita kenal Imlek. Selaian kue keranjang untuk orang Tionghoa khususnya di kepulauan riau termasuk Singapura ada hidangan wajib saat perayaan Imlek yaiut ikan dingkis.

Konon, ikan dingkis memang hanya bertelur satu kali dalam setahun dan hanya terdapat di perairan kepulauian riau. Biasanya, ikan ini bertelur di saat-saat menjelang Tahun Baru Imlek. Bagi orang Tionghoa, ikan ini menjadi buruan mereka untuk dijadikan hidangan khas Imlek. Bahkan, masyarakat Tionghoa percaya, mengonsumsi ikan dingkis akan membawa hoki.

Biasanya ikan dingkis datang disertai hujan lebat. Ikan dingkis umumnya dihidangkan bagi tamu-tamu yang datang saat perayaan Imlek. Ikan Dingkis juga dijadikan oleh-oleh untuk dikirim kerabat atau rekan maupun teman bisnis.

Pemerintah Singapura setempat pernah melarang warganya untuk makan ikan dingkis. Alasannya, karena harganya bisa mencapai 200 dolar Singapura.

Soal rasa, ikan dingkis memang terkenal lezat. Bukan hanya kelezatannya yang semata dicari, tapi keberuntungan yang diyakini akan didapatkan.

Tags: , , ,

No comments yet.

Tinggalkan Balasan