Komp. Hawaii Garden Blok E No. 10 Batam Center hello@coklatrocklate.com
Perbedaan Kokoa dan Kakao

Kokoa dan Kakao


Hallo sahabat pengemar Coklat Rocklate Oleh-Oleh Batam
Anda mungkin memperhatikan bahwa beberapa produk yang di jual di pasaran sering mengatakan mengandung kakao, sementara yang lain mengatakan kokoa. Kakao diperkirakan pertama kali digunakan oleh peradaban Maya di Amerika Tengah.

Sabat pengemar Coklat Rocklate Oleh-Oleh Batam
Sebenernya kokoa dan kakao berasal dari tempat yang sama, cara pengolahannya lah yang memberi perbedaan. Perbedaan ini kemudian memberi efek berbeda pada manfaat gizi mereka. Bubuk kakao dibuat dengan menghancurkan biji kakao dan menghilangkan lemak atau mentega kakao.

Cokelat kaya akan polifenol, yang memiliki manfaat kesehatan yang signifikan, termasuk mengurangi peradangan dan meningkatkan kadar kolesterol. Banyak yang tak bisa membedakan penyebutan antara kakao dan kokoa. Padahal keduanya merupakan bentuk yang berbeda.

Cokelat dibuat dari biji kakao, atau lebih tepatnya biji dari pohon kakao (Theobroma cacao) yang diperkirakan mula-mula tumbuh di daerah Amazon utara sampai ke Amerika Tengah. Mungkin sampai ke Chiapas, bagian paling selatan Meksiko. Orang-orang Olmec memanfaatkan pohon dan, mungkin juga, membuat "cokelat" di sepanjang pantai teluk di selatan Meksiko. Tanaman ini menghasilkan buah-buahan besar seperti polong, masing-masing mengandung 20–60 biji yang dikelilingi oleh bubur putih yang manis dan asam.

Isi polong ini menyediakan bahan dasar untuk produk cokelat. Namun, tidak ada kesepakatan lengkap tentang kapan harus menggunakan masing-masing istilah kakao dan kokoa.

Pembuat produk-produk biji kakao mentah sering menggunakan kata kakao dari pada kokoa, yang mungkin menyiratkan bahwa mereka lebih merupakan produk alami. Kakao lebih merujuk pada bahan cokelat sebelum difermentasi. Sementara kokoa merujuk pada penyebutan cokelat yang telah melalui proses fermentasi.

Kakao merupakan biji cokelat mentah dan bentuk cokelat paling murni yang tersedia di pasaran karena paling sedikit diproses dibandingkan dengan cokelat batangan atau bubuk kakao. Kakao juga dikenal memiliki antioksidan dalam jumlah tertinggi, yang bermanfaat untuk kulit dan jantung serta pertahanan tubuh terhadap kanker tertentu.

Sementara kokoa biasanya hadir dalam bentuk bubuk, dan biasanya dipanaskan sebelum pembuatan. Kokoa biasanya disebut sebagai versi kakao kualitas lebih rendah, namun, kokoa ini masih sarat dengan manfaat dan biasanya lebih murah.