Travel Akhir Tahun Bersama Keluarga

Tidak terasa sebentar lagi travel / liburan akhir tahun segera tiba. Jika memasuki akhir tahun tentunya akan ada banyak sekali tawaran untuk berlibur, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Tapi kalau kamu ingin menghabiskan liburan akhir tahun bersama keluarga tentunya harus dipersiapkan dengan sangat matang, mulai dari akomodasi, destinasi wisata sampai tiket transportasi harus direncanakan terlebih dahulu. Nah, sebelum berangkat untuk liburan bersama keluarga nanti, sebaiknya kamu dan keluarga harus mengetahui terlebih dahulu tips dan trik agar liburan kamu aman dan semakin nyaman. Berikut tips liburan akhir tahun bersama keluarga yang harus diperhatikan sebelum berangkat.

  1. Menyusun Destinasi Travel / Wisata

    Destinasi Travel/Wisata

    Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah memilih destinasi travel / wisata yang ingin kamu tuju bersama keluarga. Supaya travel / liburan semakin seru dan nyaman, sebaiknya kamu harus menentukan terlebih dahulu tempat yang akan di kunjungi nanti untuk menghabiskan liburan pergantian tahun.

    Ingat! Ini liburan bersama, sebaiknya kamu meminta saran dari beberapa kepala atau kamu bisa melakukan polling dengan anggota keluarga yang lain. Kalau sudah tahu ingin berlibur dimana, sebaiknya kamu juga melakukan itinerary kamu selama berlibur nanti.

    Pastikan liburan kamu nanti tidak akan menyusahkan atau malah membuat kamu bingung ingin mengunjungi tempat yang mana terlebih dahulu. Jangan lupa untuk mengunjungi tempat-tempat favorit yang sering dikunjungi oleh para wisatawan.

  2. Mempersiapkan Keberangkatan

    Mempersiapkan Keberangkatan
    Ada banyak sekali hal yang harus dipersiapkan sebelum pergi berlibur / travel bersama keluarga. Mulai dari destinasi, waktu keberangkatan, tempat menginap, barang bawaan apa saja dan sampai tiket pesawat. Kalau kamu ingin berlibur bersama keluarga pastikan kamu sudah memesan tiket dari jauh-jauh hari. Selain memudahkan kamu dalam berlibur nanti, harga tiket pesawat yang ditawarkan juga akan lebih rendah dibandingkan dengan kamu membeli pada saat menjelang liburan.

    Sebaiknya, memesan tiket pesawat minimal 60 hari sebelum keberangkatan. Jangan lupa untuk menyisihkan budget dan menukarkan uang sebelum berangkat ke destinasi yang kamu tuju nanti.

  3. Pilih Tanggal Travel Yang Tepat & Pesan Tiket Pesawat Jauh-Jauh Hari

    Pilih Tanggal Keberangkatan Yang Tepat

    Selain itu, cara lain merealisasikan liburan hemat, kamu yang sangat menyukai tempat-tempat berlibur atau traveling yang ‘instagramable’, ini adalah cara yang bisa diterapkan mulai dari sekarang.

    Hindari peak season dalam menentukan waktu liburan. Karena saat peak season destinasi wisata pasti dipenuhi oleh pengunjung yang mengakibatkan kamu sulit untuk mendapatkan momen atas keindahan destinasi tersebut.

    Saat low season pengunjung di suatu tempat wisata tentunya akan semakin rendah. Maka dari itu, kamu akan jauh lebih leluasa untuk mengeksplor destinasi wisata dan menciptakan memori tanpa adanya gangguan riuh ramainya pengunjung. Selain itu, traveling saat low season pastinya membuat kantong kamu jauh lebih bersahabat.

  4. Cerman Memilih Transportasi

    Sebaiknya riset atau mencari data terlebih dahulu mengenai destinasi yang bakal dikunjungi. Salah satunya adalah ketersediaan transportasi yang terdapat di daerah destinasi tersebut.

    Jika kamu bepergian dalam grup, patungan untuk menyewa mobil dapat menjadi opsi. Karena kemudahannya sehingga dapat menjelajah banyak tempat wisata dengan lebih fleksibel.

    Cara jitu lainnya untuk membuat biaya traveling semakin hemat adalah jangan hanya terpaku untuk menggunakan transportasi pesawat saja. Terkadang, untuk mencapai destinasi tertentu, liburan menggunakan pesawat justru akan membuat biaya menjadi terlalu besar.

    Sebagai contoh, bila ingin liburan dari Jakarta ke Yogyakarta, menggunakan pesawat sebenarnya bukanlah pilihan terbaik.

    Karena ongkosnya yang besar, minimal Rp 500.000-an untuk sekali jalan (belum pulang pergi). Solusinya, Anda bisa menggunakan transportasi darat seperti bus dengan harga tiket Rp 200.000-an untuk kelas eksekutif atau alternatif lainnya adalah menggunakan kereta api.

  5. Cari Informasi Rekomendasi Makanan Murah

    Travel Memilih Makanan MurahSalah satu momen tak terlupakan dari suatu perjalanan adalah mencicipi kuliner yang menjadi khas dari suatu destinasi. Jika Anda adalah traveler yang menyukai wisata kuliner pada suatu destinasi wisata tidak ada salahnya untuk mencari rekomendasi makanan terbaik di daerah wisata tersebut dengan melihatnya dari aplikasi maupun bertanya pada warga sekitar.

  6. Jaga Kesehatan
    Jaga Kesehatan Selama Travel

    Sudah mempersiapkan semuanya, tetapi kamu malah lupa untuk menjaga kesehatan kamu. Hmm, hal ini juga sering disepelekan oleh sebagian orang. Pastikan kondisi tubuh kamu tetap fit sampai hari libur nanti tiba. Jangan lupa untuk mengecek ke dokter dan melakukan vaksinasi sebelum berangkat untuk berlibur nanti ya.

    Jangan lupa juga untuk menggunakan jasa asuransi kesehatan selama kamu berlibur nanti. Sebab hal yang akan terjadi kita tidak pernah tahu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan tidak ada salahnya untuk mendaftarkan diri kamu dan keluarga ke jasa asuransi kesehatan bukan?

    So, kamu lebih memilih untuk berlibur di dalam negeri atau ke luar negeri untuk menghabiskan liburan natal dan pergantian akhir tahun nanti?

Tags:

No comments yet.

Tinggalkan Balasan